Senin, 28 Januari 2013

Profil SMA Al Ulum Terpadu Medan


       
A.             Visi Dan Misi
Sebagai sebuah lembaga pendidikan formal, SMA Islam Al-Ulum Terpadu memiliki visi dan misi. Visi adalah mimpi dan cita-cita lembaga yang terukur dan sesuai kemampuan yang ingin diraih dan dicapai oleh seluruh warga SMA Islam Al-Ulum Terpadu. Untuk meraih mimpi dan cita-cita SMA Islam Al-Ulum Terpadu memerlukan beberapa misi mulia untuk kemajuan SMA Islam Al-Ulum Terpadu di hadapan masyarakat luas. Oleh karena itu sebagai unit yang bernaung di bawah payung organisasi yayasan amanah karamah, maka visi dan misi SMA Islam Al-Ulum Terpadu bengacu pada visi dan misi Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu. Adapun visi dan misi perguruan adalah Pusat keterpaduan penyemaian Iman, Ilmu, dan Amal Guna Membangun  Peradaban Islami. Sedangkan misi perguruan adalah Menyelenggarakan pelayanan pendidikan terpadu yang Islami di tingkat  dasar dan menengah, Menanamkan nilai-nilai Islam dalam setiap pembelajaran dan aktivitas siswa, Menumbuhkembangkan kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosional   peserta didik, Mengembangkan kemampuan berbahasa nasional dan internasional serta kreativitas seni dan budaya peserta didik, Menyelenggarakan pendidikan yang berwawasan lingkungan, berkarakter, dan ramah terhadap peserta didik, Membangun Hubungan kerjasama yang baik antara sekolah, orang tua siswa, lembaga pendidikan lainnya, masyarakat dan pemerintah.

VISI  SMA ISLAM AL ULUM TERPADU
Pusat keterpaduan Insan beriman yang Unggul dalam Akhlak Mulia, Berkarakter, Cerdas, kreatif, dan Mandiri. 
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masayarakat.
Untuk mewujudkannya, Sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut: 

MISI
Misi SMA Islam Al Ulum terpadu Medan yakni :

  1. Meningkatkan profesionalisme guru melalui peningkatan intensitas pendidikan dan pelatihan baik di tingkat daerah maupun nasional.
  2.    Membentuk sekolah sehat, berbasis lingkungan, ramah anak, berbudaya Islami, dan menyenangkan di tingkat daerah dan nasional.Membentuk dan memberdayakan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) SMA untuk sinergitas dan keselarasan dengan misi dan tujuan TPK Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu.
  3.  Membudayakan bahasa Inggris dan Arab dengan metode bilingual dalam berkomunikasi di lingkungan Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu yang diunggulkan di tingkat daerah dan nasional.
  4.  Membudayakan pembiasaan Ibadah, akhlak mulia, infak, dan mencintai al-Qur’an pada siswa yang diunggulkan di tingkat daerah dan nasional.
  5.  Meningkatkan kemampuan siswa di bidang prestasi akademik yang maupun bersaing di tingkat daerah dan nasional.
  6.   Meningkatkan kemampuan siswa di bidang  ekstrakurikuler dalam wadah kegiatan ekstrakurikuler yang proporsional, berbasis kompetisi akademik, olah raga, seni budaya, baik di tingkat daerah maupun nasional. 
  7.  Mengoptimalkan efektifitas kegiatan bimbingan konseling yang berorientasi pada usaha klinik belajar, konsultasi minat bakat dan penjurusan, dan menyediakan sistem informasi Perguruan Tinggi Pilihan
 B.             Tujuan Sekolah
          Tujuan Sekolah SMA Islam Al Ulum Secara khusus adalah sebagai berikut :
  1.  Menciptakan guru-guru yang profesional melalui peningkatan intensitas pendidikan dan pelatihan baik di tingkat daerah maupun nasional.
  2. Menciptakan sekolah sehat, berbasis lingkungan, ramah anak, berbudaya Islami, dan menyenangkan di tingkat daerah dan nasional.
  3.  Menghasilkan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) SMA untuk sinergitas dan keselarasan dengan misi dan tujuan TPK Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu.
  4.  Menciptakan siswa-siswi dan Guru Mata Pelajaran yang aktif berbahasa Inggris dan Arab dengan metode  bilingual dalam berkomunikasi di lingkungan Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu yang diunggulkan di tingkat daerah dan nasional.
  5.  Menciptakan siswa-siswi yang tekun beribadah, berakhlak mulia, berinfak, dan mencintai al-Qur’an yang diunggulkan di tingkat daerah dan nasional.
  6. Menghasilkan kemampuan siswa di bidang prestasi akademik yang maupun bersaing di tingkat daerah dan nasional.
  7.   Menghasilkan kemampuan siswa di bidang  ekstrakurikuler dalam wadah kegiatan ekstrakurikuler yang proporsional, berbasis kompetisi akademik, olah raga, seni budaya, baik di tingkat daerah maupun nasional. 
  8. Menghasilkan kinerja bimbingan konseling efektif, berorientasi pada usaha klinik belajar, konsultasi minat bakat dan penjurusan, dan menyediakan sistem informasi Perguruan Tinggi Pilihan.

A.             Tujuan Sekolah
          Tujuan Sekolah SMA Islam Al Ulum Secara khusus adalah sebagai berikut :
1.        Menciptakan guru-guru yang profesional melalui peningkatan intensitas pendidikan dan pelatihan baik di tingkat daerah maupun nasional.

2.        Menciptakan sekolah sehat, berbasis lingkungan, ramah anak, berbudaya Islami, dan menyenangkan di tingkat daerah dan nasional.
3.        Menghasilkan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) SMA untuk sinergitas dan keselarasan dengan misi dan tujuan TPK Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu.

4.        Menciptakan siswa-siswi dan Guru Mata Pelajaran yang aktif berbahasa Inggris dan Arab dengan metode  bilingual dalam berkomunikasi di lingkungan Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu yang diunggulkan di tingkat daerah dan nasional.

5.        Menciptakan siswa-siswi yang tekun beribadah, berakhlak mulia, berinfak, dan mencintai al-Qur’an yang diunggulkan di tingkat daerah dan nasional.

6.        Menghasilkan kemampuan siswa di bidang prestasi akademik yang maupun bersaing di tingkat daerah dan nasional.

7.        Menghasilkan kemampuan siswa di bidang  ekstrakurikuler dalam wadah kegiatan ekstrakurikuler yang proporsional, berbasis kompetisi akademik, olah raga, seni budaya, baik di tingkat daerah maupun nasional. 

8.        Menghasilkan kinerja bimbingan konseling efektif, berorientasi pada usaha klinik belajar, konsultasi minat bakat dan penjurusan, dan menyediakan sistem informasi Perguruan Tinggi Pilihan.

A.             Keadaan Sekolah

1.             Sarana dan Prasarana

a.              Tanah dan Halaman
Tanah sekolah sepenuhnya milik yayasan. Luas areal seluruhnya 5770 m2. Sekitar sekolah dikelilingi oleh pagar sepanjang 360 m.
Keadaan Tanah Sekolah SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan
Status
:
Milik Yayasan
Luas Tanah
:
2.288 m2
Luas Bangunan
:
3.612 m2
Pagar
:
   726 m


b.             Gedung Sekolah
Bangunan sekolah seluruhnya permanen dengan konstruksi baja dan berarsitektur modern yang bercirikan islam.
Keadaan Gedung Sekolah SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan
Luas Bangunan
:   3.612 m2
Ruang Kepala Sekolah
:   1    Baik
Ruang TU
:   1    Baik
Ruang Guru
:   1    Baik
Ruang Kelas
:   10  Baik
Ruang Lab. IPA
:   1    Baik
Ruang Lab. Bahasa
:   1    Baik
Ruang Perpustakaan
:   1    Baik
Ruang Serba Guna
:   1    Baik
Mesjid
:   1    Baik
Ruang Osis
:   1    Baik
Ruang Olahraga
:   1    Baik

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar