Senin, 28 Januari 2013

Lanjutan Hal.6


A.             Muatan Kurikulum
Muatan Kurikulum SMA Islam Al Ulum Terpadu meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ditetapkan oleh BSNP, dan muatan lokal yang dikembangkan oleh sekolah serta kegiatan pengembangan diri.
1.              Mata Pelajaran
Mata pelajaran terdiri dari mata pelajaran wajib dan mata pelajaran pilihan sebagai berikut:
a. Mata Pelajaran wajib : Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Penjasmani, Seni & Budaya, dan Teknologi Informasi Komunikasi.
b.  Mata Pelajaran pilihan:
Bahasa Asing (Bahasa Arab). Mata pelajaran pilihan ini merupakan mata pelajaran wajib untuk kategori Bahasa Asing. Namun bahasa asing yang kita pilih adalah Bahasa Arab. Mata pelajaran ini diharapkan mampu membatu siswa untuk memahami al-Qur’an dan seluk beluk ajaran Agam Islam.
Pembelajaran setiap mata pelajaran dilaksanakan dalam suasana yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat antara peserta didik dan pendidik. Metode pembelajaran diarahkan berpusat pada peserta didik (Student Centre). Guru sebagai fasilitator mendorong peserta didik agar mampu belajar secara aktif, baik fisik maupun mental. Selain itu, dalam pencapaian setiap kompetensi pada masing-masing mata pelajaran diberikan secara kontekstual dengan memperhatikan perkembangan kekinian dari berbagai aspek kehidupan.
    
2.              Muatan Lokal
Mata pelajaran muatan lokal di SMA Islam Al-Ulum adalah; Tahfizul Qur’an, Al-Qur’an dan IPTEK, dan Akhlakul Karimah. Mata pelajaran tersebut diharapkan mampu menyampaikan SMA Islam AL-Ulum Terpadu sampai kepada visi, misi, dan tujuannya.  Letak geografis SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan yang berada di daerah perkotaan yang sedang berkembang menuju kota metropolitan yang diharapkan siswa tidak terpengaruh kearah budaya kota metropolitan yang tidak baik, maka diharapkan siswa memahami Al Qur’an sebagai pedoman dalam aspek kehidupan umat Islam pada khususnya akan banyak memberi warna terhadap proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, program Muatan lokal yang dipilih adalah yang berkaitan dengan kondisi warga sekolah yang 100% menganut islam sebagai agama.

3.              Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri diarahkan untuk pengembangan prestasi dan pemberdayaan potensi serta karakter peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi persoalan dirinya, persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya, dan persoalan kebangsaan. Kegiatan pengembangan diri di SMA Islam Al-Ulum adalah; Futsal, Disain Grafis, Fotografi, Pramuka, Drumband, Pasukan Khas Bengibar Bendera Al-Ulum (Paskhat), dan Paduan Suara.
Sekolah memfasilitasi kegiatan pengembangan diri seperti berikut ini.
a.              Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di dalam kelas (intrakurikuler) dengan alokasi waktu 2 jam tatap muka, yaitu:
1)             Bimbingan Konseling, mencakup hal-hal yang berkenaan dengan pribadi, kemasyarakatan, belajar, dan karier peserta didik.

Bimbingan Konseling diasuh oleh guru yang ditugaskan.  
2)       Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di luar kelas (ekstrakurikuler)  diasuh oleh guru pembina. Pelaksanaannya secara reguler setiap hari Jum’at dan Sabtu, yaitu :
2.              Program Pembiasaan  mencakup kegiatan yang bersifat pembinaan karakter peserta didik  yang dilakukan secara rutin, spontan, dan keteladanan.

RUTIN
SPONTAN
KETELADANAN
Upacara
Memberi salam
Berpakaian rapi
Tahsinul quran
Sopan dan santun
Memberikan pujian
Shalat dhuha
Hormat patuh thp guru
Ahlakul karimah
Sholat berjamaah
Membuang sampah pada tempatnya
Tepat waktu/disiplin
Kuliah tujuh menit/ ceramah
Musyawarah
Hidup sederhana/mandiri
Doa


Pembiasaan ini dilaksanakan sepanjang waktu belajar di sekolah. Seluruh guru ditugaskan untuk membina Program Pembiasaan yang telah ditetapkan oleh sekolah.
3.              Penilaian kegiatan pengembangan diri  bersifat kualitatif. Potensi, ekspresi, perilaku, dan kondisi psikologis peserta didik merupakan portofolio yang digunakan untuk penilaian. 
4.              Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup yang diterapkan oleh sekolah merupakan bagian integral dari pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Dengan demikian, materi kecakapan hidup akan diperoleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari yang emban oleh mata pelajaran yang bersangkutan.
5.              Beban Belajar
Sekolah menetapkan beban belajar peserta didik sebagai berikut
a)             Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
b)             Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur 30% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.
c)              Alokasi waktu untuk praktik adalah satu jam tatap muka setara dengan dua jam kegiatan praktik di sekolah atau empat jam praktik di luar sekolah.
Beban Belajar Peserta Didik
Kelas
Satu jam tatap muka (menit)
Jumlah jam pembela-jaran Per minggu
Minggu Efektif per tahun ajaran
Waktu pembelajaran per tahun
Jumlah jam per tahun (@60 menit)
X  s.d XII
45
50
34
1700 jam pel
(76.500 menit)
1.275 jam
6.              Ketuntasan Belajar
Berdasarkan ketentuan dari Pemerintah melalui Menteri Pendidikan nasional dan memperhatikan kemampuan peserta didik dari hasil tes awal, sekolah menetapkan ketuntasan belajar pada masing-masing mata pelajaran sebagai berikut :

MATA PELAJARAN
2010/2011
2011/2012
X
XI
XII
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
1
2
1
2
1
2
Pendidikan Agama
80
80
80
80
80
75
80
80
80
80
80
75
Pendidikan Kewarganegaraan
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
Bahasa  Indonesia
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
Bahasa Inggris
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
Matematika
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
Fisika
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
Biologi
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
Kimia
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
Sejarah
Geografi
Ekonomi
Sosiologi
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
Seni Budaya
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
78
78
79
79
79
75
78
78
79
79
79
75
Teknologi Informasi dan Komunikasi 
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
Bahasa Arab
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75
75

Tidak ada komentar:

Posting Komentar