A.
Muatan Kurikulum
Muatan
Kurikulum SMA Islam Al Ulum Terpadu meliputi sejumlah mata pelajaran yang
keluasan dan kedalamannya sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
yang ditetapkan oleh BSNP, dan muatan lokal yang dikembangkan oleh sekolah
serta kegiatan pengembangan diri.
1.
Mata Pelajaran
Mata
pelajaran terdiri dari mata pelajaran wajib dan mata pelajaran pilihan sebagai
berikut:
a. Mata Pelajaran wajib : Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan,
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Sejarah,
Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Penjasmani, Seni & Budaya, dan Teknologi Informasi
Komunikasi.
b. Mata Pelajaran
pilihan:
Bahasa Asing (Bahasa Arab). Mata pelajaran pilihan ini merupakan mata pelajaran wajib untuk
kategori Bahasa Asing. Namun bahasa asing yang kita pilih adalah Bahasa Arab.
Mata pelajaran ini diharapkan mampu membatu siswa untuk memahami al-Qur’an dan
seluk beluk ajaran Agam Islam.
Pembelajaran
setiap mata pelajaran dilaksanakan dalam suasana yang saling menerima dan
menghargai, akrab, terbuka, dan hangat antara peserta didik dan pendidik. Metode pembelajaran diarahkan berpusat pada
peserta didik (Student Centre).
Guru sebagai fasilitator mendorong peserta didik agar mampu belajar secara
aktif, baik fisik maupun mental. Selain itu, dalam pencapaian setiap kompetensi
pada masing-masing mata pelajaran diberikan secara kontekstual dengan
memperhatikan perkembangan kekinian dari berbagai aspek kehidupan.
2.
Muatan Lokal
Mata pelajaran muatan lokal di SMA Islam Al-Ulum adalah; Tahfizul Qur’an,
Al-Qur’an dan IPTEK, dan Akhlakul Karimah. Mata pelajaran tersebut diharapkan
mampu menyampaikan SMA Islam AL-Ulum Terpadu sampai kepada visi, misi, dan
tujuannya. Letak geografis SMA Islam Al
Ulum Terpadu Medan yang berada di daerah perkotaan yang sedang berkembang
menuju kota metropolitan yang diharapkan siswa tidak terpengaruh kearah budaya
kota metropolitan yang tidak baik, maka diharapkan siswa memahami Al Qur’an
sebagai pedoman dalam aspek kehidupan umat Islam pada khususnya akan banyak memberi
warna terhadap proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, program Muatan
lokal yang dipilih adalah yang berkaitan dengan kondisi warga sekolah yang 100%
menganut islam sebagai agama.
3.
Kegiatan
Pengembangan Diri
Pengembangan
diri diarahkan untuk pengembangan prestasi dan pemberdayaan potensi serta karakter
peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi persoalan dirinya, persoalan
masyarakat di lingkungan sekitarnya, dan persoalan kebangsaan. Kegiatan pengembangan
diri di SMA Islam Al-Ulum adalah; Futsal, Disain Grafis,
Fotografi, Pramuka, Drumband, Pasukan Khas Bengibar Bendera Al-Ulum (Paskhat),
dan Paduan Suara.
Sekolah
memfasilitasi kegiatan pengembangan diri seperti berikut ini.
a.
Pengembangan diri yang
dilaksanakan sebagian besar di dalam kelas (intrakurikuler) dengan alokasi
waktu 2 jam tatap muka, yaitu:
1)
Bimbingan Konseling, mencakup
hal-hal yang berkenaan dengan pribadi, kemasyarakatan, belajar, dan karier
peserta didik.
Bimbingan
Konseling diasuh oleh guru yang ditugaskan.
2) Pengembangan
diri yang dilaksanakan sebagian besar di luar kelas (ekstrakurikuler) diasuh oleh guru pembina. Pelaksanaannya
secara reguler setiap hari Jum’at dan Sabtu, yaitu :
2.
Program Pembiasaan mencakup kegiatan yang bersifat pembinaan
karakter peserta didik yang dilakukan
secara rutin, spontan, dan keteladanan.
RUTIN
|
SPONTAN
|
KETELADANAN
|
Upacara
|
Memberi salam
|
Berpakaian rapi
|
Tahsinul quran
|
Sopan dan santun
|
Memberikan pujian
|
Shalat dhuha
|
Hormat patuh thp guru
|
Ahlakul karimah
|
Sholat berjamaah
|
Membuang sampah pada tempatnya
|
Tepat waktu/disiplin
|
Kuliah tujuh menit/ ceramah
|
Musyawarah
|
Hidup sederhana/mandiri
|
Doa
|
|
|
Pembiasaan
ini dilaksanakan sepanjang waktu belajar di sekolah. Seluruh guru ditugaskan
untuk membina Program Pembiasaan yang telah ditetapkan oleh sekolah.
3.
Penilaian kegiatan pengembangan
diri bersifat kualitatif. Potensi,
ekspresi, perilaku, dan kondisi psikologis peserta didik merupakan portofolio
yang digunakan untuk penilaian.
4.
Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup yang diterapkan oleh sekolah merupakan bagian
integral dari pembelajaran pada setiap mata pelajaran.
Dengan demikian, materi kecakapan hidup akan diperoleh peserta didik
melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari yang emban oleh mata pelajaran yang
bersangkutan.
5.
Beban Belajar
Sekolah
menetapkan beban belajar peserta didik sebagai berikut
a)
Jam pembelajaran untuk setiap
mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
b)
Alokasi waktu untuk penugasan
terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur 30% dari waktu kegiatan
tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.
c)
Alokasi waktu untuk praktik
adalah satu jam tatap muka setara dengan dua jam kegiatan praktik di sekolah
atau empat jam praktik di luar sekolah.
Beban Belajar Peserta Didik
Kelas
|
Satu
jam tatap muka (menit)
|
Jumlah
jam pembela-jaran Per minggu
|
Minggu
Efektif per tahun ajaran
|
Waktu
pembelajaran per tahun
|
Jumlah
jam per tahun (@60 menit)
|
X s.d XII
|
45
|
50
|
34
|
1700
jam pel
(76.500
menit)
|
1.275
jam
|
6.
Ketuntasan Belajar
Berdasarkan ketentuan dari
Pemerintah melalui Menteri Pendidikan nasional dan memperhatikan kemampuan
peserta didik dari hasil tes awal, sekolah menetapkan ketuntasan belajar pada
masing-masing mata pelajaran sebagai berikut :
MATA PELAJARAN
|
2010/2011
|
2011/2012
|
||||||||||
X
|
XI
|
XII
|
X
|
XI
|
XII
|
|||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
|
Pendidikan Agama
|
80
|
80
|
80
|
80
|
80
|
75
|
80
|
80
|
80
|
80
|
80
|
75
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
Bahasa
Indonesia
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
Bahasa Inggris
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
Matematika
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
Fisika
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
Biologi
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
Kimia
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
Sejarah
Geografi
Ekonomi
Sosiologi
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
75
75
75
75
|
Seni Budaya
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
78
|
78
|
79
|
79
|
79
|
75
|
78
|
78
|
79
|
79
|
79
|
75
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
Bahasa Arab
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar