3. Input
dan Output Nilai UN
Pencapaian
nilai rata-rata Nilai UN peserta dari tahun ke tahun cenderung mengalami
kenaikan. Namun demikian, peserta didik yang melanjutkan ke jenjang pendidikan
yang lebih tinggi, khususnya PMDK atau UMPTN
Input
dan Output NEM Peserta didik
Input
Tahun
|
Rata-rata
UN
|
Output
Tahun
|
Rata-rata
UN
|
Yang
ke PTN
Tahun
2005-2012
|
2003
– 2004
2004
– 2005
2005
– 2006
2006
– 2007
2007
– 2008
2008
– 2009
2009 – 2010
|
-
-
-
-
-
|
2005
– 2006
2006
– 2007
2007
– 2008
2008
– 2009
2009
– 2010
2010
– 2011
2011 – 2012
|
22,65
25.03
49,25
49.98
50.51
52.28
50.92
|
8
%
33
%
33
%
40
%
30.3
%
|
A.
Orang Tua Peserta Didik
Keadaan Orang tua Peserta didik
No
|
Pekerjaan
|
Jumlah
|
Prosentase
|
1
|
PNS/BUMN
|
25
|
0.24
|
2
|
Pegawai Swasta
|
20
|
0.20
|
3
|
Wiraswasta
|
29
|
0.28
|
4
|
TNI/Polri
|
15
|
0.15
|
5.
|
Lainnya
|
12
|
0.11
|
B.
Kerja Sama Sekolah
1.
Kerja sama dengan Orang Tua
Kerja sama dengan orang tua peserta didik
dilaksanakan melalui Komite Sekolah. Ada beberapa peran komite sekolah dalam pengembangan sekolah, yaitu
sebagai:
a.
Donatur dalam menunjang kegiatan dan sarana sekolah, namun belum berjalan
optimal mengingat kondisi ekonominya;
b.
Mitra sekolah dalam pembinaan pendidikan;
c.
Mitra dalam membimbing kegiatan peserta didik;
d.
Mitra dialog dalam peningkatan kualitas pendidikan; dan
e.
Sumber belajar.
2.
Kerja sama dengan Alumni.
Kerja sama antara sekolah
dengan alumni
3.
Prestasi yang pernah
diraih/dicapai.
SMA Islam Al-Ulum Terpadu
Jl. Tuasan No. 35 Medan sejak berdiri sampai dengan
sekarang (3 tahun) telah mengukir berbagai prestasi di antaranya :
1.
Tingkat SMA memperoleh
Akreditasi nilai A (Amat Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan
Madrasyah (BAN-SM) Jakarta tahun 2008
2.
Tingkat SMA memperoleh
Akreditasi nilai A (Amat Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasyah
(BAN-SM) Jakarta tahun 2012
3. Juara 3 lomba Wahana Uji
Wawasan SMA se-Kota Medan Tahun 2006 atas nama Aditia Pradana Kls XI SMA.
4. Juara 2 lomba puisi
tingkat sumatera utara tahun 2009
5. Duta Forum Anak Medan dalam Lokakarya
Sekolah Ramah Anak. Di Unimed Tahun 2012
I.
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.
Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan memuat kelompok
matapelajaran sebagai berikut ini :
a.
kelompok mata pelajaran agama
dan akhlak mulia;
b.
kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian;
c.
kelompok mata pelajaran ilmu
pengetahuan dan teknologi;
d.
kelompok mata pelajaran
estetika;
e.
kelompok mata pelajaran
jasmani, olahraga dan kesehatan.
Masing-masing kelompok
mata pelajaran tersebut di implementasikan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap
mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan demikian, cakupan dari masing-masing
kelompok itu dapat diwujudkan melalui mata pelajaran yang relevan. Cakupan
setiap kelompok mata pelajaran adalah sebagai
berikut :
CAKUPAN KELOMPOK MATA PELAJARAN
NO
|
KELOMPOK MATA
PELAJARAN
|
CAKUPAN
|
1.
|
Agama
dan Akhlak Mulia
|
Kelompok mata pelajaran
agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak
mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai
perwujudan dari pendidikan agama.
|
2.
|
Kewarganegaraan
dan Kepribadian
|
Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan
kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas
dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan
termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan
terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan
hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada
hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi,
kolusi, dan nepotisme.
|
3.
|
Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
|
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA dimaksudkan untuk
memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta
membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
|
4.
|
Estetika
|
Kelompok
mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas,
kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.
Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup
apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu
menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan
sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
|
5.
|
Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
|
Kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMA dimaksudkan untuk
meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja
sama, dan hidup sehat.
Budaya
hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat
individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan
dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah,
muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
|
Penyusunan
Struktur kurikulum didasarkan atas standar kompetensi lulusan dan standar
kompetensi mata pelajaran yang telah ditetapkan oleh BSNP.
Sekolah atas persetujuan Komite Sekolah dan memperhatikan
keterbatasan sarana belajar serta minat peserta didik, menetapkan pengelolaan
kelas sebagai berikut ini.
1.
SMA Islam
Al Ulum Terpadu Medan menerapkan sistem paket. Peserta didik mengikuti pembelajaran sesuai dengan yang
telah diprogramkan dalam struktur kurikulum.
2.
Jumlah
rombongan belajar berjumlah 1 (satu) rombongan belajar pada masing-masing
tingkatan kelas.
3.
Kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh
peserta didik.
4.
Kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang
terdiri atas :
- Program Ilmu Pengetahuan Alam (1 rombongan belajar)
- Program Ilmu Pengetahuan Sosial (1 rombongan
belajar)
a.
Struktur Kurikulum Kelas X
1)
Kurikulum Kelas X terdiri atas :
-
16 mata pelajaran
-
Muatan lokal (Tahfizul Qur’an, Al-Qur’an
dan IPTEK, Akhlakul Karimah,)
-
Program pengembangan diri.
(Futsal, Disain Grafis, Fotografi, Paduan Suara, Pramuka, dan Pasukan Khas
Al-Ulum (Paskhat))
2)
Sekolah menambah alokasi waktu untuk masing-masing
satu jam mata pelajaran untuk mata pelajaran sejarah dan geografi. Jam
pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang lain dialokasikan sebagaimana
tertera dalam struktur kurikulum. Pada sore waktu dimanfaatkan untuk program
pendalaman materi disamping program khusus Perguruan Islam Al Ulum Terpadu
Medan
3)
Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
b.
Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII
1)
Kurikulum Kelas XI dan XII Program IPA, terdiri atas:
-
13 mata pelajaran
-
Muatan lokal (Tahfizul Qur’an, Al-Qur’an
dan IPTEK)
-
Program pengembangan diri. (Futsal,
Disain Grafis, Fotografi, Paduan Suara, Kelas Pembinaan Ujian Nasional,
Pramuka, dan Pasukan Khas Al-Ulum (Paskhat))
2)
Sekolah hanya menambah alokasi waktu satu jam untuk
mata pelajaran sejarah. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang
lainnya dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pada sore
waktu dimanfaatkan untuk program pendalaman materi disamping program khusus
Perguruan Islam Al Ulum Terpadu.
3)
Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar