Senin, 28 Januari 2013

Lanjutan Hal.4


3. Input dan Output Nilai UN
Pencapaian nilai rata-rata Nilai UN peserta dari tahun ke tahun cenderung mengalami kenaikan. Namun demikian, peserta didik yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, khususnya PMDK atau UMPTN

Input dan Output NEM  Peserta didik
Input
Tahun
Rata-rata
UN
Output
Tahun
Rata-rata
UN
Yang ke PTN
Tahun 2005-2012

2003 – 2004
2004 – 2005
2005 – 2006
2006 – 2007
2007 – 2008
2008 – 2009
2009 – 2010



-
-
-
-
-


2005 – 2006
2006 – 2007
2007 – 2008
2008 – 2009
2009 – 2010
2010 – 2011  
2011 – 2012



22,65
25.03
49,25
49.98
50.51
52.28
50.92

8 %
33 %
33 %
40 %
30.3 %


A.             Orang Tua Peserta Didik
Keadaan Orang tua Peserta didik
No
Pekerjaan
Jumlah
Prosentase
1
PNS/BUMN
25
0.24
2
Pegawai Swasta
20
0.20
3
Wiraswasta
29
0.28
4
TNI/Polri
15
0.15
5.
Lainnya
12
0.11

B.             Kerja Sama Sekolah
1.              Kerja sama dengan Orang Tua
Kerja sama dengan orang tua peserta didik dilaksanakan melalui Komite Sekolah.  Ada beberapa  peran  komite sekolah dalam pengembangan sekolah, yaitu sebagai:
a.             Donatur dalam menunjang kegiatan dan sarana sekolah, namun belum berjalan optimal  mengingat kondisi ekonominya;
b.            Mitra sekolah dalam pembinaan pendidikan;
c.             Mitra dalam membimbing kegiatan peserta didik;
d.            Mitra dialog dalam peningkatan kualitas pendidikan; dan
e.            Sumber belajar.

2.              Kerja sama dengan Alumni.
Kerja sama antara sekolah dengan alumni
3.              Prestasi yang pernah diraih/dicapai.
SMA Islam Al-Ulum Terpadu Jl. Tuasan No. 35 Medan sejak berdiri sampai dengan sekarang (3 tahun) telah mengukir berbagai prestasi di antaranya :
1.              Tingkat SMA memperoleh Akreditasi nilai A (Amat Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasyah (BAN-SM) Jakarta tahun 2008
2.              Tingkat SMA memperoleh Akreditasi nilai A (Amat Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasyah (BAN-SM) Jakarta tahun 2012
3.         Juara 3 lomba Wahana Uji Wawasan SMA se-Kota Medan Tahun 2006 atas nama Aditia Pradana Kls XI SMA.
4.         Juara 2 lomba puisi tingkat sumatera utara tahun 2009
5.         Duta Forum Anak Medan dalam Lokakarya Sekolah Ramah Anak. Di Unimed Tahun 2012

I.               STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.             Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan memuat kelompok matapelajaran sebagai berikut ini :  
a.             kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
b.            kelompok mata pelajaran kewarganegaraan   dan kepribadian;
c.             kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
d.            kelompok mata pelajaran estetika;
e.            kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
Masing-masing kelompok mata pelajaran tersebut di implementasikan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan demikian, cakupan dari masing-masing kelompok itu dapat diwujudkan melalui mata pelajaran yang relevan. Cakupan setiap kelompok mata pelajaran adalah sebagai berikut :
CAKUPAN KELOMPOK MATA PELAJARAN
NO
KELOMPOK MATA PELAJARAN
CAKUPAN
1.
Agama dan Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4.
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5.
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMA dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
Penyusunan Struktur kurikulum didasarkan atas standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran yang telah ditetapkan oleh BSNP.
Sekolah atas persetujuan Komite Sekolah dan memperhatikan keterbatasan sarana belajar serta minat peserta didik, menetapkan pengelolaan kelas sebagai berikut ini.
1.              SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan menerapkan sistem paket. Peserta  didik mengikuti pembelajaran sesuai dengan yang telah diprogramkan dalam struktur kurikulum.
2.              Jumlah rombongan belajar berjumlah 1 (satu) rombongan belajar pada masing-masing tingkatan kelas.
3.              Kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik.
4.              Kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri atas :
-    Program Ilmu Pengetahuan Alam (1 rombongan belajar)
-    Program Ilmu Pengetahuan Sosial (1 rombongan belajar)
a.              Struktur Kurikulum Kelas X
1)             Kurikulum Kelas X terdiri atas :
-    16 mata pelajaran
-    Muatan lokal (Tahfizul Qur’an, Al-Qur’an dan IPTEK, Akhlakul Karimah,)
-    Program pengembangan diri. (Futsal, Disain Grafis, Fotografi, Paduan Suara, Pramuka, dan Pasukan Khas Al-Ulum (Paskhat))
2)             Sekolah menambah alokasi waktu untuk masing-masing satu jam mata pelajaran untuk mata pelajaran sejarah dan geografi. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang lain dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pada sore waktu dimanfaatkan untuk program pendalaman materi disamping program khusus Perguruan Islam Al Ulum Terpadu Medan
3)             Alokasi waktu satu jam  pembelajaran adalah 45 menit.
b.              Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII
1)             Kurikulum Kelas XI dan XII Program IPA, terdiri atas:
-          13 mata pelajaran
-          Muatan lokal (Tahfizul Qur’an, Al-Qur’an dan IPTEK)
-          Program pengembangan diri. (Futsal, Disain Grafis, Fotografi, Paduan Suara, Kelas Pembinaan Ujian Nasional, Pramuka, dan Pasukan Khas Al-Ulum (Paskhat))
2)             Sekolah hanya menambah alokasi waktu satu jam untuk mata pelajaran sejarah. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang lainnya dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pada sore waktu dimanfaatkan untuk program pendalaman materi disamping program khusus Perguruan Islam Al Ulum Terpadu.
3)             Alokasi waktu satu jam  pembelajaran adalah 45 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar